PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN KEMEJA SECARA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 BLITAR

  • PIPIT TRIASARI
  • RATNA SUHARTINI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan modul pembuatan kemeja secara industri adalah : 1) mengembangkan modul pembuatan kemeja secara industri untuk siswa kelas XI program keahlian tata busana SMK Negeri 3 Blitar, 2) memperoleh hasil kelayakan modul pembelajaran yang teruji dan layak digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran pembuatan busana industri,dan 3) memperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran busana industri dengan menggunakan modul.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE menurut Pribadi (2014) yang meliputi lima tahap kegiatan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subyek peneliti adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Blitar sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Instrumen penelitian adalah angket kelayak modul dan tes berupa soal penilaian kognitif dan psikomotor. Angket kelayakan modul yang telah divalidasi oleh ahli media, materi, bahasa, pengguna, dan telah dinyatakan layak dapat digunakan untuk pengambilan data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan oleh ahli materi, media, bahasa, serta pengguna memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,5% dapat dinyatakan sangat layak , sedangkan untuk hasil belajar siswa sebanyak 31 siswa dikatakan tuntas dengan perolehan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 91% dari total 34 siswa dan 3 siswa dengan persentase 9% dikatakan masih belum memenuhi KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembuatan kemeja secara industri untuk siswa kelas XI program keahlian tata busana SMK Negeri 3 Blitar layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat dipakai pada mata pelajaran busana industri kompetensi dasar membuat kemeja secara industri.


Kata kunci : Pengembangan, Modul, Pembuatan Kemeja Secara Industri

Abstract

The research development aims industrial shirt making module to 1) develop clothing industrie modules for students of class XI fashion major at Vocational School 3 Blitar, 2) find out the results of the feasibility of learning modules that are verified and suitable to be applied as teaching materials for making clothing industrie, , and 3) obtain student learning outcomes in clothing industrie subjects using modules.

This type of research is a research development, with the ADDIE model according to Pribadi (2014) which includes five stages of activities namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The subjects use were 34 students from class XI of Fashion major at Vocational School 3 Blitar. The method of data collection, using questionnaires techniques, and tests. The data collection instrument was in the form of a module validation questionnaire sheet and tests in form of cognitive and psychomotor assessment questions. The module questionnaire sheet that has been validated by media experts, materials, languages, and users can be used for data retrieval. Analysis of the data in this study used descriptive percentages analysis.

The results showed the feasibility of material, media, language, and user experts to obtain an average percentage of 93.5% with very feasible classification, while for student learning outcomes of 31 students said to be complete with the percentage acquisition classical completeness as much as 91% of the total 34 students and 3 students with a percentage of 9% don’t reach the Minimum Mastery Criteria. Thus, it can be concluded that the industrial shirt making module for class XI students of the fashion major at Vocational School 3 Blitar is suitable for use in the learning process and can be used in industrial fashion subjects as the basic competency to make shirts industrially.

Keywords : Development, Modules, Clothing Industrie





Published
2019-12-13
How to Cite
TRIASARI, P., & SUHARTINI, R. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN KEMEJA SECARA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 BLITAR. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 137