PENGEMBANGAN MODUL PADA KOMPETENSI PEMBUATAN BUSANA RUMAH SISWA KELAS XI-TATA BUSANA-3 SMKN 2 BOYOLANGU
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i2.33300Abstract
Modul adalah bahan ajar yang disajikan secara terstruktur sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami materi tanpa bantuan orang lain atau pengajar. Sebagai bahan ajar yang dapat dipelajari dengan mandiri, modul diharapkan dapat membantu peserta didik lebih mandiri dan aktif dalam pembuatan busana rumah tanpa bertanya dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan modul busana rumah untuk peserta didik kelas XI Tata Busana 3 di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung, 2) mengetahui hasil belajar ranah psikomotor setelah diterapkan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian yang dituju adalah peserta didik kelas X1 Tata Busana 3 SMKN 2 Boyolangu dengan jumlah peserta didik 35. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar instrumen angket kelayakan modul dan lembar penilaian psikomotor. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif.Hasil penelitian menyatakan bahwa, 1) kelayakan modul mencapai skor rerata 4.01 dengan kategori sangat layak, 2) hasil belajar peserta didik dengan penerapan modul mencapai ketuntasan klasikal sebesar 89% dengan kategori baik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-05-12
How to Cite
CINDRA DEWI, A., & MARNIATI. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PADA KOMPETENSI PEMBUATAN BUSANA RUMAH SISWA KELAS XI-TATA BUSANA-3 SMKN 2 BOYOLANGU. Jurnal Online Tata Busana, 9(2). https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i2.33300
Issue
Section
Articles

