FASHION DESIGN PORTFOLIO: MODAL UNTUK BEKERJA DI MASA DEPAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i2.33558Abstract
Industri kreatif fashion merupakan area bisnis yang sangat kompetitif. Perusahaan industri fashion yang ingin menjual barang dagangan, produk, atau layanan mereka bergantung pada dinamika presentasi fashion kreatif sebagai alat pemasaran visual yang berharga. Teknik ini dapat bervariasi dari satu pasar ke pasar lainnya, tetapi secara umum, perusahaan tahu bahwa kesuksesan membutuhkan lebih dari sekadar memperkenalkan produk baru. Fashion Design Portfolio merupakan salah satu komponen penting bagi siswa fashion desain untuk magang dan melamar pekerjaan. Fashion Design Portfolio haruslah cantik secara estetika dan menunjukkan keterampilan yang diinginkan oleh para profesional industri dalam membuat keputusan perekrutan magang maupun bekerja. Namun, dalam kenyataannya, kerap kali ada perbedaan antara ekspetasi industri dengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan. Artikel ini membahas mengenai konten fashion design portfolio milik desainer fashion yang diinginkan oleh para profesional industri kreatif fashion dan sistematika pembuatan fashion design portfolio. Artikel ini menghasilkan, pertama, fashion design portfolio digunakan untuk bekerja di masa depan dengan konten yang diinginkan oleh para profesional industri fashion, antara lain: (1) portfolio yang bersih dan terorganisasi dengan baik, (2) berbentuk digital dan pelampiran video resume singkat, (3) melampirkan hand sketch, dan (4) penggunaan software untuk membuat desain busana dan technical drawing. Kedua, sistematika fashion design portfolio, yaitu: (1) penelitian dan peramalan; (2) pembuatan konsep dan inspirasi (mood board); (3) pembuatan desain-desain busana; dan (4) pembuatan prototipe dan penyematan prototipe.
Kata Kunci: portofolio, desain fashion, industri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

