Pengembangan Modul Sulaman Smock Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri Gudo Jombang

Authors

  • PRIMADONA INDAH DEWI
  • LUTFIYAH HIDAYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i2.33705

Abstract

Modul adalah salah satu media yang dikemas secara sistematis yang berisi segala komponen dasar bahan ajar yang dapat dipelajari secara mandiri. Tujuan disusunnya penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan proses mengembangkan modul sulaman smock di SMK Negeri Gudo Jombang, 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan modul sulaman smock di SMK Negeri Gudo Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development and Production, Implementation, Evaluation). Subyek uji coba diambil 30 orang siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri Gudo. Data yang diperoleh dari pengembangan modul pembelajaran sulaman smock adalah data kuantitatif dilihat dari hasil kelayakan dan keefektifan modul pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, kuesioner dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi instrumen kelayakan modul oleh para ahli (ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dan pengguna) dan instrumen hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil penelitian menyatakan: 1) proses pengembangan modul telah dilaksanakan mengacu pendekatan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Implementation, Evaluation, dengan tingkat kelayakan modul sebesar 3,66 dengan kategori sangat layak 2) peningkatan hasil belajar dengan indikator taraf ketuntasan klasikal, meningkat sebesar 54% dari ketuntasan sebelum diterapkan modul yaitu 46% menjadi 100% setelah diterapkan modul.Kata Kunci: Modul, sulaman smock, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-28

How to Cite

INDAH DEWI, P., & HIDAYATI, L. (2020). Pengembangan Modul Sulaman Smock Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri Gudo Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 9(2). https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v9i2.33705

Issue

Section

Articles
Abstract views: 131 , PDF Downloads: 283