Peran Tutor Sebaya Dalam Pelatihan Lekapan Kain Pada Busana Anak di UPT Pelatihan Kerja Jombang

  • Ridlotulloh Asmaningrum Mahasiswa Tata Busana
  • Siti Sulandjari Dosen Jurusan PKK

Abstract

Abstract

This research performed to help trainee who late in understanding lesson taught so daring for asking matter was poorly understood, and exploit trainee who has fast understanding matter taught to be distributed to another trainee who tend afraid to propose the question directly to trainer, it is through peer tutor method. The purpose of this research were 1) to know the learning process with rule of peer tutor performed, 2) to know achievement of application training at UPT PelatihanKerjaJombang, 3) to know trainee respons on the rule of peer tutor in lekapan training.This research was descriptive quantitative. Independent variable in this research was application training, dependent variables were skill improvement of trainee in training of application on kids wear at UPT PelatihanKerjaJombang, control variable were trainer, training method, design of application, fabric used for application. Data collecting method was observation, test, and questionnaire. Data analysis used were mean (average), t-test, percentage (%) using SPSS 15 with significance P < 0.05. Based on obtained result it could be concluded that 1) training process with peer tutor running well, 2) there was achievement in form of skill improvement of trainee lekapan on kids wear at UPT PelatihanKerjaJombang, 3) from all aspects result trainee response observed, could be seen that average response of trainee toward the rule of peer tutor in training of fabric application achieved positive response.

Keyword: method peer tutor, trainee.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk membantu peserta pelatihan yang kurang cepat memahami materi yang diajarkan agar berani menanyakan materi yang kurang dipahami, serta memanfaatkan para peserta yang memiliki kecepatan dalam menerima materi yang diajarkan untuk disalurkan ke peserta lain yang cenderung tidak berani mengemukakan pertanyaan secara langsung pada pelatih yaitu melalui metode tutor sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan peran tutor sebaya dilakukan, 2) Untuk mengetahui pencapaian hasil pelatihan lekapan kain di UPT Pelatihan Kerja Jombang, 3) Untuk mengetahui respon peserta pelatihan terhadap peran tutor sebaya dalam pelatihan lekapan kain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel Bebas dalam penelitian ini adalah pelatihan lekapan, Variabel terikatnya adalah peningkatan keterampilan peserta pelatihan lekapan kain pada busana anak di UPT Pelatihan Kerja Jombang, Variabel kontrolnya adalah Pelatih, Metode pelatihan, Desain lekapan, Desain busana anak, Bahan atau kain yang  digunakan untuk lekapan. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, tes, dan metode angket. Analisis data yang digunakan adalah mean (rata-rata), uji t,  presentase (%) dengan SPSS 15 dengan taraf signifikan P < 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1) Proses pelatihan dengan peran tutor sebaya berjalan dengan baik, 2) Terdapat pencapaian hasil berupa peningkatan keterampilan peserta pelatihan lekapan pada busana anak di UPT Pelatihan Kerja Jombang, 3) Dari hasil keseluruhan  aspek respon peserta pelatihan yang diamati, dapat dilihat bahwa rata-rata respon peserta pelatihan terhadap peran tutor sebaya dalam pelatihan lekapan kain mendapat respon positif

Kata kunci : metode tutor sebaya, peserta pelatihan

Published
2013-07-31
How to Cite
Asmaningrum, R., & Sulandjari, S. (2013). Peran Tutor Sebaya Dalam Pelatihan Lekapan Kain Pada Busana Anak di UPT Pelatihan Kerja Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 54