Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Bojonegoro Pada Materi Membuat Pola Jaket

  • Surya Indah PurnamaSari Mahasiswa Tata Busana
  • Ratna Suhartini Dosen Tata Busana

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengumpulkan data dengan mendeskripsikan secara sistematis mengenai aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, observer berjumlah 3 orang yaitu 2 orang guru mata pelajaran keterampilan dan satu teman sejawat yang dilakukan di MAN 2 Bojonegoro pada kelas XI Tata busana dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Data yang diperoleh melalui lembar observasi dianalisis dengan menggunakan presentase yang meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data yang diperoleh melalui tes belajar dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I terlaksana ‘sangat baik’, pada siklus II juga terlaksana dengan ‘sangat baik’. Aktivitas siswa pada siklus I terlaksana dengan ‘sangat baik’ dan pada siklus II juga terlaksana dengan ‘sangat baik’. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I tuntas dengan‘sangat baik’, sedangkan pada siklus II juga tuntas dengan ‘sangat baik’.

Kata kunci:   Penerapan model pembelajaran langsung, aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

Abstract

Kind of this research is class action research, the aim of this class action research is collecting data with describing teacher’s activity sistematically, students activity and learning result during learning process. This class action research is planned with two cycles. The metod of data collection is observation for teacher and student activity observed by the two class teacher and one friend me it has been done at MAN 2 Bojonegoro in fashion design class XI with 22 students. Data gotten from observation sheet were analyzed using percentage of activity of teacher and student, while data gotten from learning test were analyzed quantitatively. The result of this research show teacher activity in cycle I is implemented with very well, and teacher activity in cycle II is also implemented with very well. Student activity in cycle I very good, whereas in cycle II it is also implemented with very well. The learning result of students clasically in cycle I is very good, whereas in cycle II is very good.

 

Key word: Implementation of the direct intruction, teacher activity, student activity, learning result of student.

Published
2013-08-11
How to Cite
PurnamaSari, S., & Suhartini, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Bojonegoro Pada Materi Membuat Pola Jaket. Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 24