EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA SMK TATA BUSANA

  • Dewi Rachmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK— Media video merupakan salah satu media audiovisual yang merupakan gabungan dari beberapa indra manusia, yaitu indra pendengaran dan penglihatan. Melalui penerapan media pembelajaran berbasis video ini, diyakini mampu meningkatkan semangat dan keaktifan siswa yang berpengaruh besar terhadap hail belajarnya, karena siswa/ peserta didik tidak hanya mendengar, namun juga dapat melihat apa yang ditampilkan guru dalam media. Tujuan dari tinjauan literatur ini yaitu untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik, seperti: pembuatan pola, desain, teknologi menjahit, dan draping. Metode yang akan digunakan untuk pengkajian artikel ini berupa studi literatur, dengan fokus pada artikel ilmiah tahun 2011-2020. diantara 85 jurnal yang diidentifikasi, diperoleh 10 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi sesuai topik yang dikaji. Hasil artikel yang diperoleh digunakan untuk meninjau keefektifan penggunaan media video dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mataapelajaran praktik di SMK Tata Busana. Berdasarkan hasil pembahasan dari penelitian yang relevan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik memperoleh nilai rerata sebesar 78,52% yang termasuk dalam kategori efektif dan dapat meningkatkan kreativitas, skill, daya nalar, minat belajar, serta keingintahuan yang besar terhadap mata pelajaran praktik seperti pembutan pola, desain, teknologi menjahit dan draping.

Kata Kunci: Hasil belajar, media pembelajaran, siswa tata busana, video.

 

ABSTRACT - Video media is one of the audiovisual media which is a combination of several human senses, namely the senses of hearing and sight. Through the application of video-based learning media, it is believed to be able to increase the enthusiasm and activeness of students which has a big influence on their learning outcomes, because students / learners not only hear, but can also see what the teacher displays in the media. The purpose of this literature review is to identify the effectiveness of using video media in improving student learning outcomes in practical subjects, such as: pattern making, design, sewing technology, and draping. The method used to review this article is in the form of a literature study, with a focus on scientific articles from 2011-2020. Among the 85 journals identified, there were 10 journals that met the inclusion criteria according to the topics studied. The results of the articles obtained were used to review the effectiveness of the use of video media in improving student learning outcomes in practical subjects at SMK fashion. Based on the results of the discussion of relevant research, it can be concluded that the use of instructional video media can improve student learning outcomes in practical subjects obtaining a mean value of 78.52% which is included in the effective category and can increase creativity, skills, reasoning power, interest in learning , as well as a strong curiosity for practical subjects such as pattern making, design, sewing technology and draping.

Keywords:  learning media, videos, learning outcomes, fashion students.

Published
2021-01-19
How to Cite
Rachmawati, D. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA SMK TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 80-89. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p80-89
Abstract Views: 715
PDF Downloads: 759