PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BLUS BAGI SISWA KELAS X SMK KEAHLIAN TATA BUSANA

  • Windi Handayani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

E-modul ialah suatu  modul yang sudah dicetak dan teruji kevalidannya yang dirubah dalam versi elektronik. Inovasi dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku dan kreativitas di abad 21 ini dibutuhkan pembelajaran yang aktif, salahsatunya dengan modul elektronik atau e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul bagi siswa kelas X SMK keahlianTata Busana, dan 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan e-modul pembuatan pola blus bagi siswa kelas X SMK keahlian Tata Busana. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Validator e-modul sebanyak 3 orang yang terdiri dari ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Metode pengolahan data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) proses pengembangan e-modul dilakukan dengan bantuan aplikasi microsoft word untuk menyusun materi modul, corel draw untuk membuat cover, dan kvisoft flipbook maker untuk mengubah modul menjadi modul elektronik hingga dapat dioperasikan dengan komputer dan android. dan 2) Tingkat kelayakan e-modul pembuatan pola blus bagi siswa kelas X SMK keahlian Tata Busana berada pada level sangat layak dengan indicator tingkat kelayakan materi 94% , kelayakan media 82%, dan tingkat kelayakan bahasa78%.

Published
2021-01-19
How to Cite
Handayani, W. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA BLUS BAGI SISWA KELAS X SMK KEAHLIAN TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 60-69. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p60-69
Abstract Views: 1123
PDF Downloads: 840