PEMANFAATAN WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNESA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Fitri Rizqullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

E-learning menjadi pembelajaran yang sangat dibutuhkan dimasa pandemi covid-19, termasuk di prodi Pendidikan Tata Busana, sebab e-learning memudahkan penggunanya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mata kuliah di semester genap yang memanfaatkan whatsapp, 2) respon dosen dalam memanfaatkan whatsapp, 3) respon mahasiswa dalam memanfaatkan whatsapp. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif. Populasi penelitian diambil dari mahasiswa dan dosen Pendidikan Tata Busana yang mengikuti pembelajaran di semester genap secara daring pada masa pandemi covid-19. Sampel penelitian menggunakan stratified random sampling dengan taraf signifikan 10% dan didapat sebanyak 130 mahasiswa dan 14 dosen. Instrumen penelitian berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa dan dosen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sebanyak 26 (90%) mata kuliah semester genap di prodi Pendidikan Tata Busana menggunakan aplikasi whatsapp, dan 3 (10%) mata kuliah menggunakan aplikasi google classroom. 2) Hasil respon dosen memanfaatkan whatsapp dalam pembelajaran daring menunjukkan respon baik yaitu dalam hal kemudahan dan efektifitas memanfaatkan whatsapp pada pembelajaran. Namun, hasil pembelajaran kurang maksimal karena kurangnya komunikasi antara mahasiswa dan dosen akibatnya terjadi kesalahpahaman dalam berinteraksi. 3) Respon mahasiswa juga menunjukkan respon baik dalam hal kemudahan, efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang dapat dilihat dari perilaku menggunakan whatsapp, kesediaan infrastruktur, dan fitur whatsapp. Namun, mahasiswa merasa kesulitan memahami materi perkuliahan. Aplikasi whatsapp dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 sudah cukup baik dan efektif, hanya saja akan lebih baik jika dipadukan dengan aplikasi pembelajaran daring lainya.

Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Whatsapp.

Published
2021-01-19
How to Cite
Rizqullah, F. (2021). PEMANFAATAN WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNESA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Online Tata Busana, 10(01), 1-11. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n01.p1-11
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 253