PERAN PEMBELAJARAN STEM DALAM PENERAPAN ADOBE ANIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA

  • Puji Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartini Ratna Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui peran pembelajaran berbasis STEM dalam penerapan multimedia interaktif adobe animate pada hasil belajar siswa SMK, keefektifan multimedia interaktif adobe animate pada proses pembelajaran siswa SMK tata busana, serta meneliti tentang penerapan pembelajaran science, technology, engineering, dan mathematics dalam penggunaan mutimedia interaktif adobe animate. Penelitian ini merupakan systematic literature riview terhadap penelitian-penelitian terkini tentang multimedia interaktif adobe animate dari tahun 2016-2020 dengan menggunakan 4 tahapan yaitu; search strategy, selection criteria, quality assesment, dan data extraction. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan 10 penelitian tentang adobe animate menunjukkan hasil yang baik, evaluasi tentang kualitas hasil pembelajaran dengan jumlah populasi berkisar 1 sampai 40 orang siswa. Rata-rata hasil persentase dari efektifitas penerapan adobe animate pada hasil belajar siswa sebanyak 60% dalam kategori baik pada beberapa mata pelajaran praktek tata busana serta beberapa sudah menggunakan pendekatan  sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Dengan demikian penerapan multimedia interaktif adobe animate efektif dan layak dipakai pada proses pembelajaran untuk memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa dengan memperhatikan penerapan pembelajaran berbasis STEM terutama dalam mata pelajaran praktek siswa SMK tata busana.

Published
2020-12-19
How to Cite
Rahayu, P., & Ratna, S. (2020). PERAN PEMBELAJARAN STEM DALAM PENERAPAN ADOBE ANIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 1-11. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p1-11
Abstract Views: 409
PDF Downloads: 692