FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA TATA BUSANA DI MASA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i01.37609Abstract
Masa new normal dapat menjadi sebuah peluang bagi individu dalam berwirausaha. Berwirausaha menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan pekerjaan alternatif pada masa pandemi seperti saat ini. Dalam berwirausaha, seorang wirausaha harus memiliki minat yang kuat dalam membangun usahanya agar usaha yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. Minat berwirausaha tidak datang dengan sendirinya namun dapat diperoleh dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya di masa new normal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa google form dengan responden sebanyak 76 orang, serta teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya di masa new normal adalah faktor lingkungan, faktor kepribadian, dan faktor motif berwirausaha. Dari ketiga faktor tersebut, faktor lingkungan mendapatkan persentase paling tinggi sebesar 90,79% (75% cukup berminat dan 15,79% berminat), hal ini disebabkan karena lingkungan sekitarnya (lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat) memberikan dukungan yang positif untuk berwirausaha di masa new normal. Kemudian, faktor motif berwirausaha mendapatkan persentase sebesar 89,47% (61,84% cukup berminat dan 27,63% berminat), dan faktor kepribadian mendapatkan persentase paling rendah sebesar 78,94% (55,26% cukup berminat dan 23,68% berminat).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

