Efektivitas Rumah Belajar Bagi Siswa Smk

  • Nanda Sely Kurnia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan perkembangan pendidikan berbasis teknologi atau dapat disebut dengan literasi digital. Salah satu literasi digital adalah Rumah Belajar. Rumah Belajar adalah salah satu aplikasi portal pembelajaran berbasis TIK online. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui efektivitas Rumah Belajar bagi siswa SMK ditinjau dari minat, kualitas pembelajaran dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature riview yang diperoleh dari database google, google scholar, dan research gate mulai tahun 2011-2020 diperoleh sebanyak 9 artikel ilmiah. Hasil studi literature menunjukkan bahwa Rumah Belajar efektif bagi siswa SMK ditinjau dari minat (karena Rumah Belajar memiliki fitur kelas maya untuk mendukung kegiatan pembelajaran), kualitas pembelajaran (karena bahan ajar yang terdapat pada Rumah Belajar berbasis web), dan hasil belajar (karena pengaruh pemanfaatan e-learning yang berbasis Rumah Belajar). Berdasarkan hasil studi literature tersebut dapat disimpulkan bahwa Rumah Belajar dan fitur yang terdapat pada Rumah Belajar seperti fitur sumber belajar dan fitur kelas maya terbukti efektif bagi siswa SMK untuk meningkatkan minat, kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Oleh kerena itu, disarankan bagi siswa, guru, dan masyarakat untuk menggunakan Rumah Belajar dan fitur pendukung pada Rumah Belajar untuk kegiatan pembelajaran.

Published
2021-01-21
How to Cite
Kurnia, N. (2021). Efektivitas Rumah Belajar Bagi Siswa Smk. Jurnal Online Tata Busana, 10(01), 113-119. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n01.p113-119
Abstract Views: 233
PDF Downloads: 403