PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP SISWA SMK

  • Fitria Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dra.Yulistiana, M.PSDM Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK—Efektivitas pembelajaran adalah kegiatan belajardengan prosedur pembelajaran yang tepat bagi siswa.Selanjutnya dijelaskan juga bahwa dalam mengukur tingkat efektivitas pembelajaran dilihat berdasarkan tercapainya tujuan pembelajaran dan ketepatan untuk mengelola kondisi tertentu. Artikel literatur review ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat mengetahui hasil belajar & tingkat keaktifan siswa ketikamerealisasikan model pembelajaran Think Pair Share danmenganalisa kelebihan serta kekurangan metode tersebut.Literatur review adalah metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini. Data dikumpulkan dari berbagai referensi seperti jurnal, buku, majalah dan referensi lainnya yang relevandengan tujuan penelitian yang sebelumnya telah ditetapkan. Hasil penelitian memiliki rujukan dari berbagai teori yangdikumpulkan dan ditelaah sebelumnya.Model kooperatif terbuktiyang dijadikan sebagai model berjalannya suatu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif pada saat kegiatanpembelajaran didalam kelas berlangsung. Kelebihan modelpembelajaran TPS antara lain memberi siswa lebih banyakwaktu untuk berfikir, kemudian saling membantu antar individu.Meningkatkan partisipasi. Memberi kesempatan untukkontribusi lebih banyak. Mudahnya interaksi. Mampu membuat rasa percaya diri siswa menjadi lebih baik. Model pembelajaran TPS memiliki beberapa kekurangan seperti membutuhkankoordinasi dari berbagai aktivitas. Penggunaan ruang yangharus diperhatikan. Menyita waktu pengajaran yang berharga. Ide yang muncul cenderung sedikit. Bergantung pada pasanganatau teman kelompok

Published
2021-06-19
How to Cite
Damayanti, F., & M.PSDM, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP SISWA SMK. Jurnal Online Tata Busana, 10(02), 75-83. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n02.p75-83
Abstract Views: 351
PDF Downloads: 449