PEMBELAJARAN ECOPRINT DALAM MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN

  • Alvin Ainul Husna Universitas Negeri Surabaya
  • Inty Nahari, S.Pd.,M.Ds. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang pembelajaran ecoprint khususnya mata pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pada bagaimana pembelajaran ecoprint di SMKN 1 Singgahan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kata-kata deskriptif dan tindakan yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ecoprint pada siswa siswi di SMKN 1 Singgahan menggunakan metode pembelajaran ceramah, demonstrasi dan eksperimen, dan pemberian tugas denganĀ  menggunakan media realita dan telah di sesuaikan oleh KI dan KD mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara teori dan praktek secara langsung di sekolah, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat ecoprint juga terbilang sangat sederhana dan cara pembuatan yang relatif mudah menjadikan siswa semangat untuk mewujudkan ide ide desain motif mereka pada lembaran kain tersebut. Pengetahuan tentang ecoprint menambah wawasan dan kreatifitas siswa siswi SMKN 1 Singgahan tentang ilmu tata busana. Semenjak adanya pembelajaran tentang ecoprint dan siswa siswi dapat mewujudkannya pada suatu kain yang indah, SMKN 1 Singgahan Tuban berhasil mendapatkan image yang bagus dari masyarakat sekitar.

Published
2021-06-21