Efektivitas Handout Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Teknik Menjahit Di SMKN 2 Ponorogo

  • Nealin Thalia Timur Universitas Negeri Surabaya
  • Dra. Yulistiana, MPSDM.

Abstract

ABSTRAK—Penelitian ini membahas efektivitas handout berbasis web pada mata pelajaran teknik menjahit terhadap hasil belajar peserta didik. Efektivitas diartikan sebagai evaluasi dari output hasil belajar yang dicapai dengan memanfaatkan sumber daya, sarana, dan prasarana yang ditetapkan dengan memperhatikan media pembelajaran yang kedudukannya sangat penting sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Handout berbasis web ialah media pembelajaran dan sarana yang digunakan tenaga didik untuk mengkomunikasikan maksud penyampaian suatu materi ajar yang disampaikan dalam jaringan. Pandemi Covid-19 menuntut tenaga didik untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran secara daring, sehingga handout berbasis web ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menyediakan media pembelajaran daring kepada para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas handout berbasis web pada mata pelajaran Teknik Menjahit pada kelas X SMKN 2 Ponorogo yang diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar teknik menjahit invisible zipper pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan Reasearch and Development. Metode yg digunakan merupakan metode untuk membuat suatu produk dengan menguji efektivitas produk tersebut. Prosedur pengembangan handout berbasis web ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Dissemination). Pengujian efektivitas handout dilaksanakan dengan uji pre-test dan post-test dan menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 30% serta perolehan nilai gain score sebesar 0,34. Penelitian ini menyimpulkan bahwa handout berbasis web dinyatakan sebagai media yang efektif terhadap hasil belajar dalam pembuatan fragmen pemasangan invisible zipper melalui pembelajaran secara daring.

Kata Kunci : efektivitas, handout, hasil belajar, web.

ABSTRACTThis study discuss the effectiveness of web-based handouts on student learning outcomes. Effectiveness defines as evaluation of the output of learning outcomes achieved by utilizing the designated resources, facilities and infrastructure by paying attention to the learning media whose position is very important as a tool in the teaching and learning process. Web based handout is one of the learning media used to communicate the purpose of delivering a material by online teaching. The Covid-19 pandemic requires students to be able to take advantage technology to support the online learning, so this web-based handout can be a solution for providing online learning media to students. This study aims to determine the effectiveness of web-based handouts on online learning outcomes as a learning media for SMK Negeri 2 Ponorogo in the Sewing Technology subject in X grade which is expected to be a relevant learning resource for improving learning outcomes of the invisible zipper sewing technique for students. The research method is research and development. This method is for making a product by testing the effectiveness of the product. This web-based handout development procedure used a 4-D development model (Define, Design, Development, and Dissemination). Handout effectiveness testing was carried out by pre-test and post-test and resulted in an increase in learning outcomes by 30% and a gain score is 0.34. This study concludes that web-based handouts is stated as an effective media for learning outcomes in making invisible zipper fitting fragments using online learning.

Keywords : effectiveness, handouts, learning output, web.

Published
2021-06-19