Efektifitas Model Pembelajaran Teaching Factory Dalam Meningkatkan Karakter Wirausaha Siswa SMK

  • Ainur Rosyida Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Suhartini

Abstract

ABSTRAK— Teaching Factory merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan struktur dasar sekolah untuk menciptakan suasana industrial di sekolah guna meningkatkan kemampuan mata pelajaran produktif bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui implementasi penggunaan model pembelajaran Teaching Factory di SMK; 2). Mengetahui efektivitas model pembelajaran Teaching Factory dalam meningkatkan karakter wirausaha siswa SMK. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian literature review yang melakukan penelitian dengan cara mencari teori relevan dengan permasalahan maupun kasus yang akan dipaparkan. Sumber literatur yang digunakan yaitu mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran Teaching Factory. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yang bersumber dari 6 jurnal penelitian terdahulu. Hasil penelitian literature review menunjukkan: 1). Implementasi penggunaan model pembelajaran teaching factory di SMK telah berhasil dengan hasil rata-rata keseluruhan 77% ; 2). Penggunaan model pembelajaran Teaching Factory efektif dalam meningkatkan karakter wirausaha siswa SMK. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian beberapa peneliti terdahulu yang menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa dalam setiap aspek karakter wirausaha setalah diterapkan model pembelajaran Feaching Factory. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model Teaching Factory memiliki pengaruh dalam meningkatkan karakter wirausaha siswa SMK.

Kata Kunci: Efektivitas, Teaching Factory, karakter wirausaha

Published
2021-06-21