PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL POLA BUSANA ANAK MENGGUNAKAN CAD RICHPEACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SMKN 2 TUBAN

Authors

  • Fani Fan'a Mahfudzoh Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartiningsih Suhartiningsih

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.41580

Abstract

Penerapan kebijakan pembelajaran daring karena penyebaran COVID-19 mengharuskan adanya inovasi pembelajaran terutama untuk materi praktik pembuatan pola  secara digital pada jurusan tata busana di SMK Negeri 2 Tuban. Video tutorial dinilai tepat digunakan karena dapat membantu dalam penyampaian materi berupa  prosedur atau langkah-langkah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas video tutorial pola busana anak menggunakan CAD Richpeace sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Tuban. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan penelitian one-shot chase study. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket validasi melalui google form pada link https://forms.gle/kGRXmhKewZiko4qQ. Validasi dilakukan oleh enam orang validator  yang terdiri dari lima dosen jurusan PKK Fakultas Teknik Unesa dan satu guru tata busana SMK Negeri 2 Tuban. Kategori yang dinilai meliputi bidang media dan materi yang masing-masing terdiri dari sepuluh aspek penilaian. Analisis data menggunakan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidang media diperoleh rata-rata presentase sebesar 79,33% masuk kategori baik dan pada bidang materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 90,00% kategori sangat baik. Video tutorial pembuatan pola busana anak secara digital dinyatakan baik digunakan sebagai media pembelajaran daring di SMK Negeri  2 Tuban.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Mahfudzoh, F. F., & Suhartiningsih, S. (2021). PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL POLA BUSANA ANAK MENGGUNAKAN CAD RICHPEACE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SMKN 2 TUBAN. Jurnal Online Tata Busana, 10(02), 150–157. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i02.41580
Abstract views: 219 , PDF Downloads: 388