STUDI LITERATURE : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY PADA MAHASISWA FASHION DESIGN

  • Lailatul Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK— Virtual Reality baik digunakan dalam pembelajaran dalam bidang seni dan desain, terutama fashion design karena akurasi, efektivitas, kejelasan, dan bentuk eksperimen virtual yang lekat digunakan. Simulasi dalam realitas visual dalam dunia pendidikan dapat memberikan pengalaman belajar yang baik dan inovatif, dikarenakan lingkungan eksperimental dibatasi ruang, waktu, dan alat. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Virtual Reality pada mahasiswa fashion design yang ditinjau dari peningkatan kreativitas mahasiswa, minat belajar mahasiswa, dan proses pembelajaran. Untuk mendapatkan tinjauan literature ini dengan mencari referensi yang terkait menggunakan portal pengindeks Google Scholar, Research Gate, PubMed, dan Springer dan mendapatkan enam referensi yang terkait dengan tujuan studi yang dimulai dari tahun 2018 sampai 2020. Hasil studi literature menunjukkan: (1) meningkatkan kreativitas mahasiswa ditinjau dari aspek orisinalitas, pengembangan ide, pengembangan gagasan, dan pembaruan teknologi dengan memerhatikan unsur fungsionalitas dan estetika , (2) meningkatkan minat mahasiswa ditinjau dari aspek hedonia dan aspek utilitarian, dan (3) proses pembelajaran Virtual Reality dapat meningkatkan pola berpikir konstruktivis mahasiswa.

Kata Kunci : efektivitas, virtual reality, mahasiswa fashion design

Published
2021-07-12