Penerapan Model Pembelajaran Langsung (MPL) Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana (Fashion Drawing) Sub Kompetensi Menggambar Macam-Macam Desain Rok Di Kelas X Busana Butik 3 SMKN 6 Surabaya

  • SEPTIANITA

Abstract

 

Abstrak

 

Model pembelajaran langsung adalah suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa dengan penerapan model pembelajaran langsung menggambar macam-macam desain rok serta untuk mengetahui  hasil belajar siswa. Subjek peneliatian ini adalah kelas X Busana Butik 3 SMKN 6 Surabaya sebanyak 24 siswa. Jenis penelitian adalah jenis penelitian deskriptif, sedangkan pengambilan data  dilaksankan dengan melakukan serangkaian observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta lembar soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa teori dan hasil praktek siswa dalam membuat macam-macam desain rok.

Dari hasil analisis data yang telah diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan aktivitas guru dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam penerapan model pembelajaran langsung menggambar macam-macam desain rok berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh kedua observer menunjukan hasil prosentase mencapai 92% dan sesuai dengan kriteria aktivitas guru (80%-100%) dapat dikategorikan sangat baik, aktivitas siswa selama proses belajar dalam penerapan model pembelajaran langsung menggambar macam-macam desain rok berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh kedua observer menunjukkan hasil prosentase mencapai 89% dan sesuai dengan kriteria aktivitas siswa (80%-100%) dapat dikategorikan sangat baik. Rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 86,4. Jumlah ketuntasan siswa yaitu sebanyak 23 siswa dinyatakan tuntas dan 1 siswa dinyatakan tidak tuntas, prosentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai sebesar 95,8%. Jadi penerapan pembelajaran langsung dapat dikatakan berhasil (tuntas).

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

 

 

Abstract

 

Direct instruction model is an approach of teaching that help student to learn basic competence and obtained information taught step by step. The purpose of this research were to know teacher activity and students activity by implementation of direct instruction of drawing various designs of skirt in classroom X fashion boutique 3 SMKN 6 Surabaya as many 24 students. Type of this research was descriptive research, while data collection conducted by series of observation on teacher activity and student activities during the process of learning was performed, and test question sheet to know student theory learning achievement and practice result to make various designs of skirt.

From data analysis obtained could be concluded that overall teacher activity to manage teaching and learning in implementation of direct instruction of drawing various designs of skirt based on observation performed by both observers shows percentage result 92% and as teacher activity criteria (80% - 100%) could be categorized very good. Student activity during learning process within implementation of direct instruction model of drawing various designs of skirt based on observation performed by both observers shows percentage result 89% and as student activity criteria (80%-100%) could be categorized very good. The average of students learning achievement was 86.4. Quantity of completeness were 23 students completed and 1 student stated not completed, percentage of learning completeness classically was 95.8%. Then the implementation of direct instruction could be said successful (completed).

 

Keywords: direct instruction model, teacher activity, student activity, learning achievement. 

 

Published
2013-08-30
How to Cite
SEPTIANITA,. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (MPL) Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana (Fashion Drawing) Sub Kompetensi Menggambar Macam-Macam Desain Rok Di Kelas X Busana Butik 3 SMKN 6 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 102