Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja, Dan Motivasi Kerja Dengan Pendapatan Usaha Pada Tailor (Studi Di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya)

  • INDAH NURSERY

Abstract

 

Abstrak

 

Kebutuhan akan pakaian merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi, sehingga peluang usaha di bidang tersebut sangat besar. Banyaknya jenis usaha serupa yang tumbuh dan berkembang membuat persaingan usaha yang terjadi semakin tinggi. Persaingan usaha dapat dimenangkan dengan sumber daya berkualitas yang dapat diukur melalu latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara latar belakang pe ndidikan, pengalaman kerja dan motivasi kerja dengan pendapatan usaha baik secara individual ataupun bersama-sama. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian  adalah analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5% (a=0,05). Hasil penelitian menujukkan latar belakang pendidikan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan pendapatan usaha dengan nilai korelasi sebesar 0,432. Pengalaman kerja mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan pendapatan usaha dengan nilai korelasi sebesar 0,551. Motivasi kerja mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan pendapatan usaha dengan nilai korelasi sebesar 0,483. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan motivasi kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan pendapatan usaha baik secara individual ataupun bersama-sama.

 

Kata Kunci : latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, motivasi kerja, pendapatan usaha.

 

 

Abstract

 

Human needs on clothes is a primary basic needs that must be fullfil so it give a chance to someone for building a business. Entrepreneurs that work  in clothes industry has rise up so that the competition is going on. Competition can be won by having a qualified employee that can be measured by educational background, work experience and work motivation. The purpose of this research was to determine the relationship between educational background, work experience and work motivation with business income, either individually or together. Research type that is done is correlational research. Data analysis method that used  is multiple regression analysis with significant level of 5% (a = 0,05). Research result show that educational background have positive and significant relationship with business revenue that shown by coefficient value as 0,432. Work experience have positive and significant relationship with business revenue that shown by coefficient value as 0,551. Work motivation have positive and significant relationship with business revenue that shown by coefficient value as 0,483. Research result show that educational background, work experience, and work motivation has significant relationship between business income, either individually or together.

 

Keywords: educational background, work experience, work motivation, business revenue.

 

Published
2013-08-31
How to Cite
NURSERY, I. (2013). Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja, Dan Motivasi Kerja Dengan Pendapatan Usaha Pada Tailor (Studi Di Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya). Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 20