Green Fashion Identik dengan Paperless

Authors

  • Wuri Esti Eryani Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Chendra Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43182

Abstract

Usaha yang dapat dilangsungkan sebagai kegiatan menekan pemakaian kertas pada kegiatan pembelajaran yaitu dengan penggunaan media aplikasi berupa glide apps. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pengembangan aplikasi glide apps (2) Kelayakan media aplikasi glide apps pada pembelajaran kompetensi membuat sulam pita. Pada penelitian kali ini model yang digunakan adalah pengembangan AADIE yaitu (Analysis Design Development Implementation Evaluations) dan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data menggunakan instrumen berbentuk angket validasi kepada 3 orang validator materi dan  3 orang validator media, validasi media aplikasi ini mengacu pada 2 aspek yaitu aspek rekayasa perangkat lunak dan juga aspek komunikasi visual dan menggunakan perhitungan dengan cara membagi jumlah hasil total dengan hasil maksimal kemudian dikali 100%. Hasil dari validasi dari validator materi mendapatkan hasil presentase sebanyak 85,33% termasuk dalam kualifikasi sangat baik sedangkan hasil validasi pada validator media pada aspek  rekayasa perangkat lunak mendapat 96,29% dengan kualifikasi sangat baik dan pada aspek komunikasi visual mendapatkan hasil 94,87% yaitu masuk pada kualifikasi sangat baik pula. kesimpulkan dari perhitungan validasi oleh validator materi dan validator media tersebut mendapatkan hasil presentase yang didapatkan dari semua aspek penilaian berada pada presentase 81%-100% dengan kualifikasi sangat baik kemudian didapatkan kesimpulan bahwa media aplikasi yang dikembangkan tersebut dapat dinyatakan valid sehingga dapat dipergunakan sebagai media pada kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Eryani, W. E., & Wibawa, S. C. (2021). Green Fashion Identik dengan Paperless. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 47–56. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v10i3.43182
Abstract views: 348 , PDF Downloads: 307