FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PAKAIAN BEKAS

  • Fa'ziyah Maulidah Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti

Abstract

Pakaian bekas sangat populer, khususnya di daerah perkotaan. Minat beli konsumen terhadap pakaian bekas sangat tinggi, hal ini berkaitan erat dengan gaya hidup masyarakat modern yang selalu mengejar prestige dan faktor range harga yang lebih terjangkau dengan kualitas pakaian bekas yang masih bagus. Gaya hidup yang tinggi sangat mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi barang, dari faktor gaya hidup sendiri akan berpengaruh juga terhadap kualitas dan harga produk yang ditawarkan, konsumen akan mempertimbangkan kembali kualitas dan harga dari produk tersebut. Minat pakaian bekas semakin tinggi karena adanya trend vintage terutama dikalangan remaja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.. Studi literatur  ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas. Studi literatur  ini dilakukan menggunakan metode SLR (Systematic Literature review), dengan cara menganalisis beberapa riset yang berkaitan dengan topik penelitian ini untuk kemudian menyimpulkan hasil dari analisis beberapa jurnal tersebut. Hasil studi literatur ini menggambarkan bila minat beli konsumen terhadap pakaian bekas  dipicu oleh sejumlah faktor, baik faktor internal ataupun faktor eksternal. Faktor internal mencakup pekerjaan dan gaya hidup, namun tidak berpengaruh secara signifikan . Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh akan minat beli konsumen terhadap pakaian bekas yaitu faktor sosial, kualitas dan harga. Faktor yang secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas yaitu harga dan kualitas.


Kata kunci
: faktor internal, faktor eksternal, pakaian bekas,  minat beli

Published
2021-10-29
How to Cite
Maulidah, F., & Russanti, I. (2021). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PAKAIAN BEKAS. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 62-68. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p62-68
Abstract Views: 5531
PDF Downloads: 4889