PERAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • siti wahidatul qur'ana Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK— Virus Corona memicu tantangan global yang tak pernah terjadi terdahulu, berdampak besar pada semua aspek kehidupan, salah satunya adalah pada bidang pendidikan [3]. E-learning adalah cara yang paling efektif untuk menghubungkan antara dosen dengan mahasiswa pada masa pendemi covid-19. E-learning ialah proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik selaku peralatan guna memberikan bantuan kepada aktivitas belajar mengajar dan dengan dukungan jaringan internet [4]. Artikel penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan: 1. Platform yang dipakai pada pembelajaran mahasiswa tata busana pada masa pandemi covid-19; 2. Kelebihan e-learning dalam pembelajaran mahasiswa tata busana pada masa pandemi covid-19; 3. Hambatan-hambatan e-learning dalam pembelajaran mahasiswa tata busana pada masa pandemi covid-19; 4. E-learning dalam pembelajaran praktik mahasiswa tata busana pada masa pandemi covid-19. Artikel penelitian berikut termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif melalui penggunaan metode survei yang dilaksanakan dengan online. Pengumpulan data primer pada penelitian berikut dilaksanakan melalui penyebaran angket dengan online pada 14 orang responden Dosen S1 Pendidikan Tata Busana dan 135 orang responden mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya  yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2020,2019, 2018 dan 2017. Data didapatkan dari mengisi beberapa pertanyaan yang disebar pada keseluruhan responden pada wujud google form dan data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisa serta pendeskripsiannya.  Hasil penelitian ini adalah: 1) Perkuliahan e-learning mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya menggunakan beberapa platform pembelajaran yaitu google meet, vilearning unesa, google classroom, google form, whatsapp, quiziz, zoom, youtube, email; 2) kelebihan e-learning dalam pembelajaran yaitu waktu belajar menjadi lebih fleksibel pada pembelajaran prodi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa; 3) hambatan e-learning dalam pembelajaran mahasiswa tata busana adalah keterbatasan interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam penjelasan materi mengakibatkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang sudah dijelaskan; dan 4) e-learning dalam pembelajaran praktik kurang efektif dikarenakan minimnya pengawasan ketika mahasiswa melakukan praktik.

Kata Kunci: Covid-19, E-Learning, Mahasiswa Tata Busana.

Published
2021-11-01
How to Cite
qur’ana, siti, & Hidayati, L. (2021). PERAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 69-78. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p69-78
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 49