PENGEMBANGAN VIDEO MENGHIAS TOTE BAG DENGAN TEKNIK ECO PRINT BAGI IBU-IBU PKK

  • Riska Kurnia Agustin , Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peran media pendidikan yang digunakan untuk membantu proses belajar dan juga mengajar merupakan faktor penting dalam mengurangi abstraksi pengajar dalam menyampaikan materi sekaligus mempermudah pemahan peserta didik., Salah satunya yakni video. Video sebagai media audio visual, mampu menampilkan gerak, yang bersifat informative, fakta ataupun fiktif, edukatif ataupun instruksional. Selain digunakan sebagai media belajar pendidikan formal, video juga bisa digunakan sebagai media pendidikan non-formal contohnya pelatihan. Sebelum video digunakan sebagai media pelatihan, video harus melewati proses validasi para ahli untuk mengetahui video tersebut telah layak atau tidak. Proses validasi dilakukan sampai video tidak ada yang direvisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat validitas video menghias tote bag dengan teknik eco print bagi ibu-ibu PKK berdasarkan penilaian dari para ahli. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan dengan model 4D yakni    Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development)  dan Penyebarluasan. (Disseminate).  Metode pengumpulan datanya menggunakan penilaian validitas media video. Instrumen berupa lembar penilaian validitas media video. Validator terdiri atas 1 ahli media dan 1 ahli materi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa persentase hasil validasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat validitas video sebagai media pelatihan menghias tote bag bagi ibu-ibu PKK ini mencapai rerata sebesar 77,8% sebelum revisi, dan 88% setelah direvisi sehingga termasuk dalam kriteria sangat layak diuji cobakan secara empiris

 

Kata Kunci: pengembangan, eco print, video

Published
2021-11-02
How to Cite
Lutfiyah Hidayati, R. K. A. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO MENGHIAS TOTE BAG DENGAN TEKNIK ECO PRINT BAGI IBU-IBU PKK. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 79-86. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p79-86
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 100