MEDIA PEMBELAJARAN PROTOTIPE PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KOMPETENSI MEMBUAT KEMEJA

  • Olivia Fara Devani Universitas Negeri Surabaya
  • Marniati Marniati

Abstract

ABSTRAK—. Busana industri merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa SMK jurusan tata busana. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam pelajaran membuat busana industri, khususnya kompetensi membuat kemeja. Prototipe adalah media yang cocok digunakan pada pembelajaran praktik, khususnya pada pelajaran pembuatan busana industri. Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran prototipe untuk mata pelajaran pembuatan busana industri kompetensi membuat kemeja. Tujuan penulisan ini untuk (1) Mengetahui langkah-langkah pembuatan media prototipe mata pelajaran membuat kemeja, (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan media prototipe. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau kajian pustaka. Metode pengumpulan data studi literatur dilakukan dengan cara mengumpulkan data, membaca, menulis, mengolah data serta menganalisis data yang diperoleh. Data yang diperoleh bersumber dari buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, dan berbagai sumber teori yang relevan sesuai dengan judul dan permasalahan yang diambil oleh penulis. Berdasarkan dari hasil identifikasi dapat disimpulkan bahwa (1) Pembuatan prototipe mata pelajaran membuat kemeja dibuat dengan langkah perlangkah, yaitu yang pertama adalah membuat belahan 2 lajur, memasang saku tempel, menjahit yoke, menjahit bahu, menjahit kerung lengan, menjahit sisi lengan dan sisi badan, memasang manset, menjahit opening pada badan bagian muka kemeja, menjahit kelim kemeja, memasang kerah kemeja, memberi lubang kancing beserta kancing pada belahan 2 lajur dan belahan opening dibagian badan kemeja, (2) Kelebihan media pembelajaran prototipe adalah media yang tepat digunakan pada mata pelajaran membuat kemeja. Karena dengan media prototipe proses pembelajaran terlaksana dengan lancar, hasil belajar siswa meningkat, dan meningkatkan respon siswa. Kekurangan media prototipe pada mata pelajaran membuat kemeja adalah persiapan yang dibutuhkan panjang, bahan yang dibutuhkan banyak dan guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan media prototipe.

Kata Kunci : busana, industri, media, pembelajaran, prototipe.

Published
2021-11-18
How to Cite
Devani, O., & Marniati, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN PROTOTIPE PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KOMPETENSI MEMBUAT KEMEJA. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 121-132. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p121-132
Abstract Views: 423
PDF Downloads: 408