PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION PADA KOMPETENSI MENGUKUR TUBUH BAGI SISWA KELAS X SMKN 1 JABON

  • Rohmania Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Model pembelajaran Direct Instruction adalah pembelajaran terstruktur dengan cara mengajar tahap per tahap, dipersiapkan untuk membantu siswa dalam belajar. Pembelajaran ini bersifat teacher centered . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Direct Instruction, 2) hasil belajar siswa pada penerapan model Direct Instruction , dan 3) respon siswa terhadap penerapan model Direct Instruction kompetensi mengukur tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dilaksanakan di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X Tata Busana 2 SMKN 1 Jabon Sidoarjo.  Menggunakan metode  pengumpulan data berupa  metode observasi, tes dan angket, dengan instrumen lembar observasi, lembar tes pengetahuan dan kinerja, serta lembar angket respon. Melibatkan 2 orang observer. Teknik validasi instrumen menggunakan teknik judgment expert oleh guru mata pelajaran.  Menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif dengan kategorisasi nilai serta menghitung rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks mencapai rata-rata 87,5% dengan kategori keberhasilan sangat tinggi, 2) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 87,5% dengan kategori sangat baik melebihi standar ketuntasan belajar klasikal yang berlaku yaitu 75%, 3) respon siswa mencapai rata-rata 93,4% dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: mengukur tubuh, pembelajaran direct instruction.

Published
2021-11-27
How to Cite
Dewi, R., & Hidayati, L. (2021). PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION PADA KOMPETENSI MENGUKUR TUBUH BAGI SISWA KELAS X SMKN 1 JABON. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 147-153. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p147-153
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 130