PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SHIBORI BERBASIS VIDEO TUTORIAL MELALUI YOUTUBE

  • Inez hestiani sabrina Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti

Abstract

Pengembangan media pembelajaran shibori berbasis video tutorial memudahkan edukasi materi untuk dikerjakan mandiri di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat validitas video tutorial membuat shibori berdasarkan nilai dari ahli media dan ahli materi  2) respons pengguna Youtube terhadap video tutorial membuat shibori. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode uji validitas untuk mengetahui tingkat validitas video tutorial yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media, serta instrumen berupa angket untuk mengetahui respons pengguna Youtube terhadap video tutorial membuat shibori. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat validitas yang ditinjau oleh ahli materi mendapatkan nilai 96% dan oleh ahli media sebesar 88% dengan nilai rata-rata 92%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak” 2) respons pengguna Youtube mendapatkan nilai rata-rata 93% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video tutorial membuat shibori “sangat layak” untuk digunakan sebagai media dan mendapat respons yang “sangat baik” dari pengguna Youtube.

Published
2022-02-04
How to Cite
sabrina, I., & Russanti, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SHIBORI BERBASIS VIDEO TUTORIAL MELALUI YOUTUBE. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 14-19. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p14-19
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 226