PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN POLA ROK SETENGAH LINGKAR

  • Nur Nisa Noptavianti Syamsul Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media video pembelajaran adalah suatu metode yang digunakan pada proses belajar mengajar dengan cara memanfaatkan teknologi informasi berupa video berbasis pembelajaran atau tutorial, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui bagaimana penggunaan media video pembelajaran pada pembuatan pola rok setengah lingkar, 2) mengetahui apakah penggunaan video pembelajaran efektif digunakan dalam pembuatan pola rok setengah lingkar, 3) apakah ada pengaruh pada proses pembelajaran pola rok setengah lingkar setelah menggunakan media video pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari buku-buku referensi, jurnal-jurnal terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat mempermudah siswa untuk  mengerti,  mengingat, dan mempraktekkan materi. Media video memungkinkan siswa mengulang materi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran mandiri. Pemahaman siswa yang meningkat akan meningkatkan prestasi dan keberhasilan belajar siswa. Media video pembelajaran juga akan meningkatkan keberhasilan penyampaian materi juga kepada siswa, dengan demikian media video pembelajaran efektif digunakan dan memiliki pengaruh yang positif pada pembelajaran pola rok setengah lingkar

Published
2022-02-22
How to Cite
Noptavianti Syamsul, N. N., & Kharnolis, M. (2022). PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN POLA ROK SETENGAH LINGKAR. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 26-32. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p26-32
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 291