PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN POLA ROK SETENGAH LINGKAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i1.45254Abstract
Media video pembelajaran adalah suatu metode yang digunakan pada proses belajar mengajar dengan cara memanfaatkan teknologi informasi berupa video berbasis pembelajaran atau tutorial, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui bagaimana penggunaan media video pembelajaran pada pembuatan pola rok setengah lingkar, 2) mengetahui apakah penggunaan video pembelajaran efektif digunakan dalam pembuatan pola rok setengah lingkar, 3) apakah ada pengaruh pada proses pembelajaran pola rok setengah lingkar setelah menggunakan media video pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari buku-buku referensi, jurnal-jurnal terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan video sebagai media pembelajaran dapat mempermudah siswa untuk mengerti, mengingat, dan mempraktekkan materi. Media video memungkinkan siswa mengulang materi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran mandiri. Pemahaman siswa yang meningkat akan meningkatkan prestasi dan keberhasilan belajar siswa. Media video pembelajaran juga akan meningkatkan keberhasilan penyampaian materi juga kepada siswa, dengan demikian media video pembelajaran efektif digunakan dan memiliki pengaruh yang positif pada pembelajaran pola rok setengah lingkar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

