PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA

  • Fitria Umami Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Yulistiana

Abstract

Team Assisted Individualization (TAI) digunakan dalam mengatasi perbedaan pencapaian dari setiap siswa dari berbagai sudut pandang. Hal tersebut dikarenakan siswa yang memiliki motivasi dan pemahaman yang berbeda-beda, sehingga harapan dari model ini adalah dapat menampung berbagai perbedaan individu tersebut. Tujuan studi literatur ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), menganalisis hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran tipe TAI, serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar pada  siswa SMK Tata Busana. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ilmiah ini berupa literatur review. Teknik literatur review yaitu mencari ketidaksamaan, kesamaan, membandingkan memberikan pandangan, dan meringkas beberapa penelitian dari berbagai referensi seperti buku, jurnal ilmiah, dsb. Team Assisted Individualization merupakan model pembelajaran yang mengkombinasikan kemampuan individual siswa kedalam kelompok heterogen untuk menyelesaikan problematika materi. Hasil belajar sebelum menerapkan model pembelajaran TAI memperoleh rata-rata sebesar 51% dan setelah diterapkan model pembelajaran TAI rata-rata hasil belajar menjadi 96%. Penerapan model pembelajaran TAI pada siswa SMK tata busana dengan karekteristik senang berdiskusi sangat tepat digunakan, guna meningkatkan aktifitas siswa yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena model pembelajaran  ini mengajak siswa untuk memanfaatkan tutor sebaya sehingga siswa lebih termotivasi, mudah menerima materi dan mencapai nilai KKM. Hal tersebut  dapat mendukung model pembelajaran tipe TAI untuk dapat diterapkan pada SMK tata busana mata pelajaran dasar pola, pembuatan pola, dan desain busana.

Published
2022-02-25
How to Cite
Umami, F., & Yulistiana, Y. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 68-78. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p68-78
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 220