PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN POLA KERAH UNTUK KELAS X TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK

  • Yumita Maulidian Universitas Negeri Unesa
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

ABSTRAK— Video merupakan salah satu media yang tepat yang dapat menyampaikan informasi/pesan pembelajaran berupa rangkaian gambar hidup untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran sebagai bimbingan atau bahan ajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kelayakan video pembuatan macam-macam pola kerah, dan (2) hasil belajar siswa mengunakan video pembuatan macam-macam pola kerah pada siswa kelas X Tata Busana SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE model. Subjek penelitian ini adalah dua orang validator yang terdiri dari ahli.materi serta ahli.media dan 11 (sebelas) siswa.kelas X Tata Busana.SMK Dharma Wanita Gresik. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) penilaian kelayakan video, dan (2) tes hasil belajar. Instrumen penelitian berupa: (1) lembar penilaian kelayakan video, dan (2) lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian menyatakan bahwa: 1) tingkat kelayakan video pembuatan macam-macam pola kerah mencapai kriteria layak diujicobakan dan 2) hasil belajar siswa pada materi pembuatan macam-macam pola kerah dengan video pembelajaran macam-macam pola kerah mencapai ketuntasan belajar 91% melebihi batas standar ketuntasan klasikal.

Kata Kunci: pola kerah, video, tingkat kelayakan, hasil belajar.

Published
2022-03-18
How to Cite
Maulidian, Y., & Hidayati, L. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBUATAN POLA KERAH UNTUK KELAS X TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 79-88. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p79-88
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 142