PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA

  • Ananda Febiela Roezanda Ratna Suhartini, Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Suhartini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Terdapat berbagai kendala pada saat proses pembelajaran berlangsung., Salah satunya adalah dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak mendukung sehingga menyebabkan hasil belajar pada siswa tidak maksimal. Media video pembelajaran adalah salah satu solusi untuk membantu menjelaskan materi kepada siswa. Penelitian ini perlu dilakukan agar menjadi referensi dan pertimbangan tersendiri bagi pelaksana pendidikan atau tenaga pengajar dalam menggunakan media video dalam menunjang pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi pengaruh penggunaan media video terhadap efektifitas hasil belajar siswa, (2) Mengidentifikais pengaruh penggunaan media video terhadap efektifitas aktivtas guru, (3) Mengidentifikasi pengaruh penggunaan media video terhadap efektitas aktivitas siswa. Artikel ini termasuk kedalam literature review. Critical appraisa adalah Metode pengumpulan data yang digunakanl. Pertama tama, dilakukan relevansi sumber berdasarkan dengan tahun penelitian dan topik pembahasan yang sesuai dengan artikel. Setelah itu dilakukan pengurutan data berdasarkan struktural yang sesuai dan dilakukan perbandingan terhadap data yang memiliki keterhubungan satu dengan yang lainnya. Tahapan yang dilakukan adalah membaca dan memahami artikel, menelaah kualitas artikel, dan menentukan nilai dan relevansi artikel. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa media video beperan dalam: (A) Meningkatkan hasil belajar siswa pada juruasn Tata Busana Siswa sehingga media video terbukti lebih efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan efektivitas rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 86,24% termasuk kedalam kategori efektivitas yang tinggi, (B) Meningkatkan aktivitas guru. Hal tersebut dibuktikan dengan didapatkannya nilai efektivitas rata-rata sebesar 95,55% dan tergolong kedalam kriteria yang sangat baik, (C) Meningkatkan aktivitas siswa, hal tersebut dibuktikandengan didapatkannya ekektivitas rata-rata sebesar 81% dari kesemua proses kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan sebelumnya. Proses tersebut diantaranya mencakup perencanaan, penyajian permasalahan, melakukan penjadwalan belajar, mengawasi proyek yang diberikan kepada siswa, dilakukan proses penilaian dan evaluasi, setelah itu kegiatan penutup pembelajaran.

Published
2022-04-08
How to Cite
Roezanda, A., & Suhartini, R. (2022). PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 89-99. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p89-99
Abstract Views: 336
PDF Downloads: 247