Pengembangan Pengembangan Media Video Edukasi Masker Kain untuk COVID-19 di Media Sosial Instagram

Pengembangan Media Video Edukasi Masker Kain untuk COVID-19 di Media Sosial Instagram

Authors

  • siti zakiya rosada univeristas negeri surabaya
  • Irma Russanti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i2.46653

Abstract

Penggunaan masker merupakan salah satu pola kehidupan baru di era New Normal ini. Masker kain muncul sebagai opsi dari kelangkaan masker bedah. Muncul masalah lain yaitu masih ditemukan masyarakat yang tidak memakai masker. Kegiatan edukasi masker dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat untuk memakai masker. Salah satunya memalui media sosial yang sering digunakan yaitu Instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui kelayakan media video edukasi  masker kain untuk Covid-19 yang telah dikembangkan di media sosial Instagram, 2) Untuk mengetahui respon pengguna instagram terhadap pengembangan media video edukasi masker kain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D dengan model  pengembangan 4-D (Four-D Models). Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data tes rata-rata (mean) digunakan untuk menghitung hasil validasi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai tes rata-rata 4,1. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai tes rata-rata 5. Teknik analisis data persentase digunakan untuk menghitung hasil penilaian oleh responden yaitu penggguna instagram. Hasil penilaian dari seluruh responden mendapatkan nilai persentase 96,92%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video edukasi masker kain di media social instagram layak dan baik untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

rosada, siti zakiya, & Russanti, I. (2022). Pengembangan Pengembangan Media Video Edukasi Masker Kain untuk COVID-19 di Media Sosial Instagram: Pengembangan Media Video Edukasi Masker Kain untuk COVID-19 di Media Sosial Instagram. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v11i2.46653
Abstract views: 136 , PDF Downloads: 167