PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL POLA ROK LIPIT HADAP DI KELAS X TATA BUSANA 1 SMK NEGERI 8 SURABAYA

  • Elfina Rahma Putri universitas negeri surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

ABSTRAK— Penggunaan video tutorial memberikan sebuah pengalaman yang baru bagi siswa sekaligus mempercepat pemahaman materi ketika pembelajaran daring. Riset ini bertujuan guna memberikan gambaran terkait :1) tingkat validitas video tutorial pola rok lipit hadap dari beberapa aspek meliputi aspek materi dan media, 2) hasil belajar dari pengembangan video tutorial yang diterapkan pada siswa kelas X tata busana 1 SMK Negeri 8 Surabaya setelah diterapkan video tutorial pola rok lipit hadap. Penelitian ini mengacu pada penelitian model pengembangan ADDIE. Dilaksanakan di SMK Negeri 8 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa yang berada pada kelas X tata busana 1. Penilaian validitas video serta penilaian produk merupakan metode penelitian yang dipakai. Instrumen penelitian berbentuk lembar penilaian validasi video dan lembar penilaian produk. Teknik analisis data deskriptif digunakan pada riset ini dengan hasil penelitian yang menunjukkan: 1) tingkat validitas video tutorial pola rok lipit hadap mencapai kriteria valid ditinjau dari ahli media rerata (4.1) dan sangat valid ditinjau dari ahli materi (4.3), 2) hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 100% terdiri atas 20 siswa dengan presentase 59% berada pada tingkatan sangat baik dan 14 siswa dengan presentase 41% termasuk dalam tingkatan baik.

 

Kata Kunci: pengembangan, pola rok lipit hadap, video tutorial

Published
2022-06-17
How to Cite
Putri, E., & Hidayati, L. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL POLA ROK LIPIT HADAP DI KELAS X TATA BUSANA 1 SMK NEGERI 8 SURABAYA. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 8-15. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p8-15
Abstract Views: 206
PDF Downloads: 179