PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA BUSANA RUMAH DENGAN SISTEM GRADING DI KELAS XI TATA BUSANA 2 SMKN 8 SURABAYA

  • Nella Aprilia Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Karakteristik pola busana rumah dengan sistem grading sama halnya dengan pembuatan pola busana industri lainnya yaitu dengan sistem produksi masal untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar. Pembuatan pola busana rumah membutuhkan pola standart yang telah melalui proses grading untuk mendapatkan ukuran tertentu. Materi praktik seperti membuat pola busana rumah dengan sistem grading menjadi lebih sulit dipahami oleh siswa karena keterbatasan dari efek pembelajaran daring di sekolah. Solusi yang dipilih adalah media video tutorial tambahan untuk membantu dan memudahkan siswa belajar mandiri dirumah masing - masing. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan validitas oleh para ahli dan mengetahui respon siswa mengenai video tutorial Pembuatan Pola Busana Rumah dengan Sistem Grading di Kelas XI Tata Busana 2 SMKN 8 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Metode pengumpulan data menggunakan motode penilaian validitas media video tutorial dan metode angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian validasi kelayakan dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk mengolah data hasil validasi dan data hasil respon siswa. Hasil penelitian pengembangan video tutorial pembuatan pola busana rumah dengan sistem grading menunjukkan hasil sebagai berikut, 1)Tingkat validasi kelayakan dari Ahli bidang Materi dengan presentase skor 3,22 yang termasuk dalam kategori Layak diuji cobakan. Skor yang didapatkan dari validasi kelayakan Ahli bidang Media yaitu sebesar 3,33 juga dalam kategori Layak diuji cobakan. 2)Hasil dari respon siswa pada uji coba kelompok skala kecil mendapatkan skor rata – rata dengan presentase sebesar 86,5% yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Sedangakan dari uji coba kelompok skala besar mendapatkan skor rata – rata dengan presentase 83,5% juga pada kategori Sangat Baik.

Published
2022-07-01
How to Cite
Aprilia, N., & Kharnolis, M. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA BUSANA RUMAH DENGAN SISTEM GRADING DI KELAS XI TATA BUSANA 2 SMKN 8 SURABAYA. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 16-24. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p16-24
Abstract Views: 439
PDF Downloads: 231 PDF Downloads: 0