PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MEMBUAT DESAIN BLUS DI KELAS XI SMK KEAHLIAN TATA BUSANA
Abstract
E-modul interaktif sebagai salah satu media pembelajaran yang mengandung materi, simulasi video, evaluasi belajar, serta tambahan fitur seperti permainan yang dirancang secara sistematis agar dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri. Adanya inovasi e-modul interaktif menjadikan minat belajar dan keaktifan akan pemahaman materi oleh peserta didik semakin meningkat. Berbagai fitur yang ada didalam e-modul interaktif dapat di manfaatkan juga untuk mengukur kemampuan peserta didik sehingga dapat memudahkan guru untuk menilai dan memberi bimbingan praktik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pengembangan e-modul interaktif , mengetahui tingkat kelayakan e-modul, dan juga mendeskripsikan respon pesera didik kelas XI SMK Keahlian Tata Busana. Model ADDIE digunakan dalam penelitian pengembangan ini untuk menjelaskan terkait analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data diperoleh dari metode dokumentasi dan angket Validator e-modul, ditentukan sebanyak 4 ahli dibidang media, materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Proses pengembangan e-modul interaktif dibantu aplikasi power point dalam proses menyusun materi sekaligus membuat desain dalam e-modul, dan flip pdf corporate untuk mengubah e-modul menjadi e-modul interaktif yang dapat di akses dengan mudah sebagai alternatif media pembelajaran, 2)Tingkat kelayakan e-modul interaktif pembuatan desain blus bagi peserta didik kelas XI SMK Keahlian Tata Busana di kategorikan sangat layak dengan indikator tingkat kelayakan media 92,5% , juga kelayakan materi dan bahasa sebesar 93,34%, dan 3)Respon siswa terhadap penerapan e-modul interaktif membuat desain blus sebesar 89,10% dengan kriteria respon sangat baik
PDF Downloads: 250