PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT SULAMAN APLIKASI DI KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 8 SURABAYA

  • Sholiha Bin Usman Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK— Video tutorial merupakan  perangkat yang dapat memperkenalkan informasi, menggambarkan proses, memahami ide-ide rumit, menunjukkan keterampilan, menyingkat atau memutar kembali waktu dan memberikan pengaruh sikap yang merupakan variabel penentu bagi siswa untuk menumbuhkan minat terhadap materi yang akan diajarkan serta dapat menimbulkan pikiran, pendapat, perhatian, atau keinginan yang akan mendorong peserta didik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat validitas media video tutorial ditinjau dari materi dan unsur media, serta untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa setelah menerapkan media video tutorial membuat sulaman aplikasi untuk siswa kelas XI Tata Busana 3 SMKN 8 Surabaya. R&D atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE adalah jenis penelitian yang digunakan.

Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang diterapkan adalah kuisioner dan lembar observasi. Kuisioner diterapkan untuk mengetahui kevalidan video yang sudah dikembangkan dan lembar observasi diterapkan untuk menghitung hasil belajar peserta didik ranah psikomotor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kuisoner validasi dan lembar penilaian psikomotor. Berikut ini adalah hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, 1) menurut pendapat ahli materi pengembangan media video tutorial termasuk dalam kategori sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata 4,5. Kemudian untuk aspek kualitas media mendapatkan nilai rata-rata 3,93 yang termasuk dalam kriteria valid, pada aspek penggunaan bahasa mendapat nilai kriteria valid dengan nilai rata-rata 3.97 dan aspek layout media termasuk dalam kategori valid dengan perolehan nilai rata-rata 4. 2) hasil belajar siswa dalam kompetensi  membuat sulaman aplikasi setelah diterapkan media video tuorial menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 80% yang mana telah melampaui ketuntasan klasikal minimal yang diterapkan di SMKN 8 Surabaya yaitu sebesar 76%.

Kata Kunci: media, video tutorial, sulaman aplikasi

Published
2022-07-05
How to Cite
Bin Usman, S., & Hidayati, L. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT SULAMAN APLIKASI DI KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 8 SURABAYA. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 48-55. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p48-55
Abstract Views: 350
PDF Downloads: 313