PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA ROK DAN BLOUSE SESUAI DESAIN DI SMK NEGERI 8 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK — E-Modul merupakan bahan belajar mandiri dalam format elektronik di SMK tata busana yang disusun secara sistematis ke unit pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah 1. Mendeskripsikan tingkat kelayakan E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain di kelas X SMKN 8 Surabaya, 2. Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMKN 8 Surabaya saat menggunakan E-Modul pembuatan rok dan blouse sesuai desain. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan memakai pendekatan 4D model yang meliputi 4 tahap yakni Define, Design, Develop, serta Disseminate. Metode pengumpulan data menggunakan penilaian kelayakan E-Modul dan tes kinerja. Validator E-Modul yakni 2 orang meliputi ahli materi serta media. Metode pengolahan data memakai metode analisis deskriptif. Hasil penelitian mengatakan 1. Tingkat kelayakan E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain di kelas X SMKN 8 Surabaya berada pada kriteria sangat layak dengan indikator kelayakan 88%. 2. Hasil belajar siswa kelas X di SMKN 8 Surabaya saat menggunakan media pembelajaran E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain dinyatakan tuntas dengan tingkat ketutasan klasikal sebesar 90.2%.
PDF Downloads: 717