Pengembangan E-modul Pembuatan Kebaya Di Kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 2 Jombang

  • Nabbillah Reztanty Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

ABSTRAK— E-modul menjadi media penunjang bahan ajar yang bisa membantu belajar mengajar dalam kelas berbasis media elektronik yang akan menjadi proses penghubung materi ke siswa termasuk SMK tata busana, yang menjadikan siswa bisa memahami materi secara mudah dan efektif. Tujuan penelitian ini yakni : 1) mendiskripsikan tingkat kelayakan e-modul pembuatan kebaya di kelas XII tata busana 2 di SMK Negeri 2 Jombang, dan 2) mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas XII tata busana 2 menggunakan e-modul pembuatan kebaya di SMK Negeri 2 Jombang. Penelitian ini menggunaan model pengembangan ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, and evaluation. Metode pengumpulan data memakai metode penilaian kelayakan e-modul dan tes. Kelayakan e-modul diuji 3 ahli meliputi ahli Bahasa, ahli materi, serta ahli media. Subjek dari penelitian ialah 34 siswa kelas XII tata busana 2 SMK Negeri 2 Jombang. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu lembar penilian kelayakan e-modul serta lembar tes. Metode analisis data memakai analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan: 1) hasil kelayakan e-modul pembuatan kebaya untuk siswa kelas XII tata busana 2 SMK Negeri 2 Jombang berada pada kriteria sangat layak dengan hasil presentase sebesar 95%. dan 2) hasil belajar siswa XII Tata Busana 2 menggunakan e-modul pembuatan kebaya dinyatakan tuntas dengan hasil presentase sebesar 97%.

 

Published
2022-07-07
How to Cite
Reztanty, N., & Hidayati, L. (2022). Pengembangan E-modul Pembuatan Kebaya Di Kelas XII Tata Busana 2 SMK Negeri 2 Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 64-71. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p64-71
Abstract Views: 388
PDF Downloads: 249