Pengembangan Video Pembelajaran Pewarnaan Teknik Kering di Kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri

  • Dimas Taufik Universitas Negeri Surabaya
  • Inty Nahari

Abstract

Video pembelajaran pewarnaan teknik kering dapat mempermudah siswa dalam memahami materi karena dapat diualang berkali-kali. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat validitas video pembelajaran pewarnaan teknik kering (2) mengetahui hasil belajar dari siswa dalam menggunakan video pembelajaran tersebut. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan oktober 2021 di SMK Negeri 3 Kediri. Proses pengembangan video menggunakan metode ADDIE yang memiliki tahapan diantaranya Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penilaian media terdari dari dua orang ahli, yang pertama ahli media dan yang kedua ahli materi. Alat bantu penelitian adalah dokumen validasi dan tes psikomotor siswa. Metode analisis deskriptif digunakan sebagai metode pengolahan data pada penelitian ini dengan menghitung rata-rata hasil validasi media video pembelajaran dan menghitung nilai ketuntasan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Tingkat validitas video pembelajaran pewarnaan teknik kering layak untuk diuji cobakan kepada siswa berdasarkan penilaian para ahli dengan rata-rata sebesar 3,85. (2) Hasil belajar siswa dari penerapan pewarnaan teknik kering di kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri melalui penggunaan video pembelajaran mencapai 93,75%.

Published
2022-07-13
How to Cite
Taufik, D., & Nahari, I. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Pewarnaan Teknik Kering di Kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 79-85. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p79-85
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 79