PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 3 KEDIRI

  • Aninda Ma'rifatunahar Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

STAD ialah tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan peran saling menguntungkan antara kelompok dengan individu dan individu dengan kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan (1) Aktivitas belajar, dan (2) Hasil belajar setelah siswa menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pembuatan Pola Busana Rumah secara Manual dan Digital dengan Sistem Grading terhadap siswa kelas XI Tata Busana 3 SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMKN 3 Kediri pada bulan Agustus hingga Oktober tahun akademik 2021/2022. Sampel pada penelitian ini melibatkan 35 siswa yang merupakan siswa kelas XI Tata Busana 3. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Observasi melibatkan 2 orang observer. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang mana semua data kualitatif dari pengamatan aktivitas belajar dan data hasil belajar siswa diangkakan dan diinterpretasikan sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa (1) Aktivitas belajar pada saat siswa menerapkan model pembelajaran STAD apabila dihitung tiap fasenya diperoleh rerata 3,87 yang masuk pada kategori baik. Sedangkan apabila dihitung secara keseluruhan memperoleh persentase 77,5% tergolong pada kategori baik. (2) Hasil belajar setelah siswa menerapkan model pembelajaran STAD berdasarkan nilai rerata kelompok, rerata tertinggi sebesar 16,25 diperoleh kelompok 1 dengan kualifikasi great team. Hasil belajar siswa tersebut ditinjau dari segi ketuntasan belajar mencapai persentase sebesar 83%.

 

Kata Kunci: STAD, Aktivitas siswa, Hasil belajar

Published
2022-07-20
How to Cite
Ma’rifatunahar, A., & Hidayati, L. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 3 KEDIRI. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 86-93. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p86-93
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 106