Penerapan Media Video Pembuatan Batik Cap Pada Mata Pelajaran Desain Kreatif Tekstil Di SMKN 12 Surabaya

  • shifa umayah universitas negeri surabaya
  • Inty Nahari

Abstract

Media Video. adalah media bahan ajar yang berisi prinsip, konsep, informasi, teori aplikasi, dan prosedur pengetahuan berserta gambar dengan suara untuk disampaikan ke siswa dengan tujuan membantu pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Penelitian bertujuan  untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pembuatan batik cap dengan media video serta mengetahui hasil belajar tes kognitif dan tes psikomotor siswa menggunakan media video pembuatan batik cap kelas XII desain kreatif tekstil di SMK Negeri 12 Surabaya setelah diterapkan media video. Jenis penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis One-Shot Case Study. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Instrument pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan lembar observasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif untuk mengetahui proses pembelajaran dikelas memakai media video, beserta analisis data hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa memakai media video pembuatan batik cap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran dengan menerapkan media video pembuatan batik cap pada mata pelajaran desain kreatif tekstil berhasil dilaksanakan sangat baik serta skor yang didapatkan memperoleh 93% untuk aktivitas guru dan skor sebesar 94% aktivitas siswa dan 2) hasil belajar tes kognitif dan tes psikomor siswa pada mata pelajaran desain kreatif tekstil pada materi pembuatan batik cap mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 94%.

Published
2022-08-11
How to Cite
umayah, shifa, & Nahari, I. (2022). Penerapan Media Video Pembuatan Batik Cap Pada Mata Pelajaran Desain Kreatif Tekstil Di SMKN 12 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 94-102. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p94-102
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 91