Pengembangan Jobsheet Pembuatan Pola Gamis Secara Digital Di Kelas XII Busana 1 Di SMK Negeri 2 Jombang

  • Mei Rizka Fauziah Darmadi Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

Jobsheet merupakan suatu media cetak yang berisi seperangkat pengarahan dan gambar sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) tingkat kelayakan jobsheet pembuatan pola gamis secara digital, dan 2) hasil belajar peserta didik pada pembuatan pola gamis secara digital menggunakan jobsheet di SMK Negeri 2 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2020 di SMK Negeri 2 Jombang, tepatnya pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XII busana 1 sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan 1) penilaian kelayakan oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap jobsheet pembuatan pola gamis secara digital. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi oleh ahli materi serta ahli bahasa dan tes kinerja peserta didik. teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan: 1) tingkat kelayakan jobsheet pembuatan pola gamis secara digital mencapai 93,7% dengan kriteria sangat layak, dan 2) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 100% yang mana telah melampaui kriteria ketuntasan yang berlaku, yaitu 70 pada kompetensi pembuatan pola gamis secara manual dan digital.

 

Kata Kunci : pembuatan-pola, digital, jobsheet

Published
2022-09-13
How to Cite
Darmadi, M. R., & Hidayati, L. (2022). Pengembangan Jobsheet Pembuatan Pola Gamis Secara Digital Di Kelas XII Busana 1 Di SMK Negeri 2 Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 103-110. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n2.p103-110
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 234