PEMANFAATAN SABUT KELAPA SEBAGAI PEWARNA ALAMI PADA KAIN KATUN

  • Nining Setiyani universitas negeri surabaya
  • Yulistiana Yulistiana

Abstract

Kelapa atau tanaman yang memiliki nama latin Cocos Nutifera L. merupakan tanaman yang memiliki banyak produk turunan, terutama produk turunan yang berasal dari buahnya. Beberapa produk turunan kelapa yang sering dijumpai di Indonesia adalah batok kelapa dan sabut kelapa. Batok kelapa sering dimanfaatkan sebagai produk kriya dan sabut kelapa digunakan sebagai media tanam. Selain itu, sabut kelapa mengandung zat tannin yang merupakan zat pewarna, dengan demikian pigmen yang terkandung dalam sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami.

    Tujuan dari penulisan artikel ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses ekstraksi sabut kelapa guna mendapatkan warna dari ekstrak sabut kelapa (2) Mendeskripsikan pengaruh interval waktu pencelupan, teknik pewarnaan dan fiksator yang digunakan untuk mengetahui warna yang dihasilkan (3) Mendeskripsikan jenis kain yang digunakan dalam proses pewarnaan ekstrak sabut kelapa.

    Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan membandingkan hasil dari beberapa data artikel yang telah valid dan di uji sebelumnya terkait pemanfaatan sabut kelapa sebagai zat pewarna alami. Hasil dari penelitian ini diketahui: (1) Proses pengolahan sabut kelapa, dalam proses ini dimulai dengan pemilihan sabut kelapa yang kemudian diolah dengan alat dan bahan yang dibutuhkan, untuk mendapatkan warna dari ekstrak sabut kelapa tersebut (2) Ketajaman warna yang dihasilkan dipengaruhi oleh interval waktu pencelupan, teknik pewarnaan, serta fiksator yang digunakan. (3) Katun merupakan salah saju jenis kain yang dapat menyerap pigmen warna dari ekstrak sabut kelapa dengan baik.

    Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan atau ide kepada pembaca agar dapat memanfaatkan limbah sabut kelapa secara maksimal untuk mendukung penggunaan produk ramah lingkungan.

 

 

Kata Kunci: kain katun, pewarna alami, sabut kelapa

Published
2023-01-06
How to Cite
Setiyani, N., & Yulistiana, Y. (2023). PEMANFAATAN SABUT KELAPA SEBAGAI PEWARNA ALAMI PADA KAIN KATUN. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 9-17. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/50337
Abstract Views: 629
PDF Downloads: 651