PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK

  • Nisa Mina rizma UNESA
  • Marniati Marniati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi-kan: (1) proses penerapan pembelajaran menggunakan media video tutorial, (2) respon siswa penggunaan video tutorial, (3) hasil belajar siswa pada materi pembuatan pola busana anak menggunakan media video tutorial. Metode dalam penelitian ini deskriptif kuantitaf dengan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), subyek penelitian ditujukan kepada siswa kelas XI Tata Busana SMK Dharma Wanita Gresik yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata skor pada kegiatan guru 3,70 dan kegiatan siswa 3,74 yang berkategori sangat baik. (2) Respon siswa hasil skor angket memperoleh sebesar 88,4% yang berkategori sangat baik. (3) Hasil belajar meningkat dari siklus I sampai siklus III, dengan hasil kentuntasan siswa pada post-test tes kognitif siklus I 41,6%, siklus II 66,7%, dan siklus III 83,3% dengan hasil akhir kategori baik, lalu Post-test tes psikomotor siklus I 8,3%, siklus II 58,3%, dan siklus III 100% dengan hasil akhir kategori sangat baik. Temuan penelitian ini yaitu video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari keterlaksanaan maupun respon siswa yang ditandai dengan peningkatanya prestasi siswa baik dalam ranah nilai tes kognitif maupun tes psikomotor.

 

Kata Kunci: video tutorial, pembuatan pola busana anak, hasil belajar, PTK.

Published
2023-01-08
How to Cite
rizma, N., & Marniati, M. (2023). PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA BUSANA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 38-42. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/50451
Abstract Views: 351
PDF Downloads: 300