PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PEMBUATAN BUSANA RUMAH DENGAN SISTEM INDUSTRI DI KELAS XI TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK.

  • Yunita Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis

Abstract

ABSTRAK – E-modul ..merupakan ..bahan ..ajar ..dalam bentuk elektronik yang berisikan materi pembuatan busana rumah secara  lengkap mulai dari pengetahuan hingga keterampilan. Kurikulum 2013 mempunyai karakteristik yang menuntut adanya keterlibatan information and communication technology (ICT) dalam proses pembelajaran. Tujuan utamanya agar guru dan peserta didik mampu bersaing dalam revolusi industri 4.0 dan bertahan dimana hampir semua pekerjaan akan dimudahkan oleh teknologi dan koneksi internet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subyek penelitian yang dituju adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Dharma Wanita Gresik dengan jumlah 11 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan nilai hasil belajar siswa menjadi pertimbangan. Untuk mengolah data dari kumpulan validasi kelayakan, hasil respon siswa, dan hasil belajar siswa digunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media  e-modul pembuatan busana rumah dengan sistem industri di kelas XI tata busana smk dharma wanita gresik menunjukkan hasil sebagai berikut : 1) Kelayakan media oleh para ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan menghasilkan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 3,26 yang termasuk kategori “layak”, Skor rata-rata dari ahli media memperoleh sebesar 3,30 yang termasuk kategori “layak” dan skor rata-rata dari ahli bahasa diperoleh sebanyak 3,41 yang termasuk kategori “layak”. 2) Respon siswa terhadap E-modul mencapai presentase 40% menyatakan “baik” dan 60% menyatakan “sangat baik”. 3) Hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 80% dan yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 20%. Hasil ketuntasan secara klasikal 80% yang termasuk dalam kriteria “sangat baik”.

Kata kunci: Busana Rumah, Hasil Belajar, Pembuatan E-Modul, Sistem Industri.

Published
2023-01-06
How to Cite
Ramadhani, Y., & Kharnolis, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL PEMBUATAN BUSANA RUMAH DENGAN SISTEM INDUSTRI DI KELAS XI TATA BUSANA SMK DHARMA WANITA GRESIK. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 26-37. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/50483
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 157