PENERAPAN APLIKASI WHATSAPP PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SERAT MINERAL DI SMK NEGERI 2 JOMBANG

  • Amalia Syarifa Maharani Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

Tujuan penelitian yakni 1) mendeskripsikan keterlaksanakan pembelajaran yang menerapkan aplikasi whatsapp pada kompetensi dasar menganalisis serat mineral, 2) mendeskripsikan dari hasiI beIajar siswa setelah pembelajaran yang menerapkan aplikasi whatsapp pada kompetensi dasar menganalisis serat mineral, dan 3) mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran yang menerapkan aplikasi whatsapp pada kompetensi dasar menganalisis serat mineral. Penelitian deskriptif dengan metode observasi, tes koginitif dan angket/kuesioner. Instrumen penelitian yakni dengan Iembar observasi, Iembar tes dan Iembar angket. Teknik anaIisis data deskriptif dengan menggunakan rerata dari 3 observer, persentase KKM yang ditetapkan sekolah dan persentase respon siswa. Waktu penelitian dilakukan pada bulan November 2020, tepatnya pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 bertempat di SMK Negeri 2 Jombang. Populasi sekaligus sampel dalam penelitan ini adalah siswa kelas X tata busana 3 sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 4,02 dengan kategori baik, 2) hasil belajar setelah mengikuti pembelajaran ini menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 87,5% berada di atas kriteria ketuntusan minimal yang ditetapkan sekolah, dan 3) respon positif dengan hasil 90%, yakni 29 siswa kategori sangat baik dari total 32 siswa.

 

Kata Kunci: whatsapp, kompetensi dasar, analisis serat mineral.

 

Published
2023-01-09
How to Cite
Maharani, A., & Hidayati, L. (2023). PENERAPAN APLIKASI WHATSAPP PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SERAT MINERAL DI SMK NEGERI 2 JOMBANG. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 58-63. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/50633
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 161