PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PENGOPERASIAN MESIN JAHIT MANUAL DAN INDUSTRI PADA HASIL BELAJAR SISWA

  • Dian Widhi Ayuningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Yulistiana

Abstract

PowerPoint interaktif merupakan media audio visual yang penyusunannya mengacu pada materi pembelajaran. Media PowerPoint interaktif dapat mendorong siswa untuk mengetahui lebih jauh materi yang diajarkan.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan PowerPoint interaktif pengoperasian mesin jahit manual dan industri di kelas X Tata Busana 4 SMKN 2 Jombang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan PowerPoint interaktif.

Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metodologi one shot case study. Lembar validasi digunakan sebagai strategi pengumpulan data untuk mengumpulkan informasi yang akurat dari perangkat pembelajaran, serta dari tes kognitif dan psikomotor yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hasil belajar siswa. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1)validasi perangkat pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan kategori sangat baik, meliputi skor silabus sebesar 3,73, skor RPP sebesar 3,65, skor media PowerPoint interaktif sebesar 3,83 dan 3,62 skor validasi media PowerPoint interaktif dari ahli media, (2)hasil belajar siswa kelas   X Tata   Busana   4 SMKN 2 Jombang tuntas sebesar 97% dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: PowerPoint, Hasil Belajar, Pengoperasian Mesin Jahit

 

Published
2023-05-19
How to Cite
Ayuningsih, D., & Yulistiana, Y. (2023). PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PENGOPERASIAN MESIN JAHIT MANUAL DAN INDUSTRI PADA HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 82-87. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/51206
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 42