ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENYELESAIAN MACAM-MACAM BELAHAN DI FASE E SMK YPM 2 SIDOARJO
Abstract
Dalam era modern dengan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan kejuruan seperti Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu mengadopsi pendekatan pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah video tutorial, yang memungkinkan penyampaian materi secara visual dan interaktif. Artikel ini menganalisis validitas dan kelayakan media video tutorial yang digunakan untuk materi teknik penyelesaian berbagai jenis belahan pada mata pelajaran Teknik Menjahit di SMK YPM 2 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE sebatas hingga tahap pengembangan. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui respon siswa, serta evaluasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif di bidang kejuruan Tata Busana. Waktu penelitian mulai dilakukan pada September 2022 yang bertempat di SMK YPM 2 Sidoarjo tepatnya pada siswa fase E Tata Busana SMK YPM 2 Sidoarjo. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Validitas dari para ahli materi dan media dinyatakan layak diuji cobakan dengan rata-rata mencapai 4,1. 2) Hasil respon siswa dinyatakan masuk ke dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,1. 3) Hasil yang didapat hanya merupakan hasil secara teoritis dan perlu ditinjau lebih lanjut lagi jika ingin di implementasikan dalam kelas nyata.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

