PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 3 KOTA KEDIRI

Authors

  • Hanatun Nurhidhayah Universitas Negeri Surabaya
  • Ma’rifatun Nashikhah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning, 2) mengetahui tingkat kreativitas peserta didik, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Project  Based Learning pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di kelas XI Busana SMK Negeri 3 Kota Kediri.  Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang menggunakan desain penelitian One Shot Case Study.  Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Busana SMK Negeri 3 Kota Kediri dengan sampel penelitian 36 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling.  Teknik pengumpulan data melalui observasi, penilaian kreativitas, dan angket respon.  Analisis data dilakukan secara deskriptif.  Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Busana SMK Negeri 3 Kota Kediri terlaksana dengan baik, 2) tingkat kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Busana SMK Negeri 3 Kota Kediri pada kategori sangat tinggi, dan  3) respon peserta didik terhadap pembelajaran model Project Based Learning memperoleh respon yang baik. 

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas, Respon Peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Nurhidhayah, H., & Nashikhah, M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 3 KOTA KEDIRI. Jurnal Online Tata Busana, 12(2), 16–23. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/63964
Abstract views: 150 , PDF Downloads: 126