ANALISIS UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SULAMAN BERWARNA DI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 JABON

Authors

  • Erika Duwi Mega Untari Universitas Negeri Surabaya
  • Peppy Mayasari Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Ma'rifatun Nashikhah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v12i3.64952

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kelayakan media Pembelajaran powerpoint interaktif dalam
pembuatan Sulaman berwarna. Subjek penelitian ini adalah
para ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Penelitian ini
dilakukan di SMK Negeri 1 Jabon.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang dikembangkan dengan ADDIE model yaitu analysis,
design, develop, implementation dan evaluation. Metode
pengumpulan data menggunakan angket penilaian kelayakan
media oleh Ahli Bahasa, Ahli Materi, dan Ahli Media. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk
mengolah data hasil validasi kelayakan media dengan
menghitung rerata penilaian dari para ahli.
Hasil Penelitian pengembangan Media Pembelajaran
powerpoint interaktif Sulaman berwarna menunjukkan hasil
sebagai berikut, Tingkat kelayakan media oleh Ahli bahasa
dengan skor rata-rata 3,59. Tingkat kelayakan media oleh Ahli
Materi dengan skor rata-rata 3. Tingkat kelayakan media oleh
Ahli Media dengan kor rata-rata 3,41. Berdasarkan hasil
validasi para ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media rerata
skor tingkat kelayakan media Powerpoint interaktif 3,55 yang
dinyatakan media ini sangat layak.

Kata Kunci : Analisis Uji Kelayakan Media Power Point
Interaktif, Pembuatan hiasan busana, Sulaman
berwarna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-23

How to Cite

Untari, E. D. M., Mayasari, P., Hidayati, L., & Nashikhah, M. (2025). ANALISIS UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SULAMAN BERWARNA DI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 JABON. Jurnal Online Tata Busana, 12(3), 13–20. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v12i3.64952
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 349